KKN UNW Bangkitkan Website Desa Lemahputih

Desa-desa yang ada di Indonesia begitu banyak memiliki potensi sehingga sangat bagus untuk dikembangkan. Bukan hanya sekadar pengembangan berdasarkan infrastruktur saja melainkan juga terkait promosi Desa yang kian berkelanjutan. Cara untuk mempromosikan potensi desa paling mutakhir ialah menggunakan Website Desa

Website Desa merupakan suatu jenis website yang khusus dibuat guna menampilkan info tentang desa secara daring. Website ini dibuat guna pengembangan potensi desa agar dikenal oleh masyarakat luas. Web ini kiranya dapat mendorong masyarakat setempat agar tetap senantiasa melakukan sejumlah inovasi. Inovasi yang dimaksud bisa dilihat berdasarkan sisi ekonomi, lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

Khusus di Kabupaten Grobogan setiap desa sudah mempunyai website tidak terkecuali Desa Lemahputih Kecamatan Brati yang sudah Mempunyai Website Desa tersebut sejak tahun 2017, namun Website tersebut seakan mati suri.

Adalah KKN Universitas Ngudi Waluyo Ungaran yang akan membangkitkan Website Desa Lemahputih dari tidur panjangnya, bermodal Pengetahuan dan pengalaman dibidang Penulisan naskah, Mahasiswi Jurusan sastra jepang ini rela datang jauh-jauh ke Desa Pengkol untuk Ngangsu Kweruh kepada Admin Website Desa Pengkol.

“ Ada banyak yang perlu di benahi dari Website ini, karena Web ini masing belum terisi “ Ujar dara yang juga asli warga Desa Lemahputih ini

Web khusus desa ini nantinya digunakan sebagai media pelayanan publik serta manajemen keseluruhan informasi tentang desa Lemahputih. Dengan demikian, untuk mendapatkan informasi seputar desa maka masyarakat tidak perlu kesulitan lagi. Semua orang dapat langsung mengakses informasi yang dibutuhkan melalui website tersebut. Misalnya, informasi terkait transparasi dana desa maupun berita terkini di desa Lemahputih Khususnya.

Website Desa ini dibuat bukan semata-mata untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saja. Ada begitu banyak fungsi dari website tersebut sehingga dirasa perlu dibuat. Beberapa fungsi dari website khusus desa ini di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Sebagai pemberi informasi

 

Website digunakan sebagai pemberi informasi segala hal tentang desa tersebut kepada masyarakat luas. Informasi tersebut bisa berupa profil, potensi desa, berita terkini, tranparasi pendanaan desa, kinerja perangkat desa dan sebagainya. Dengan adanya website tersebut, maka masyarakat luas tidak perlu susah-susah untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

  1. Sebagai media publikasi

 

Hampir sama dengan fungsi utama website sebagai pemberi informasi, website khusus desa dibuat sebagai media publikasi. Website akan memuat keberadaan desa hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia.  Melalui website, masyarakat di segala penjuru akan mengenal desa tersebut secara mendetail.

  1. Pemberi pengumuman desa

 

Website juga bermanfaat sebagai pemberi pengumuman desa. Jadi, apabila desa tersebut ingin mengedarkan pengumuman maka tidak perlu repot lagi. Pengumuman dapat langsung disiarkan dan dibagikan melalui website terkait. Bahkan pengumuman tersebut juga dapat diakses oleh warga desa setempat yang berada di luar negeri.

  1. Sebagai pasar online desa

 

Sebagai media pengembang potensi desa, website juga dapat dijadikan sebagai pasar online desa. Yang dinamakan dengan pasar online, maka website tersebut akan menyajikan keseluruhan potensi industri kreatif di desa. Di samping itu, pasar online desa juga dapat dijadikan sebagai media promosi segala hal yang ada di desa tersebut.

KKN UNW Bangkitkan Website Desa Lemahputih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *